Mon11242014

Last update10:31:46 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Gerbang Publik Gerbang Publik Sosial Perbaikan Jalan Menuju Makam Keramat Godog, Menunggu APBD 2013

Perbaikan Jalan Menuju Makam Keramat Godog, Menunggu APBD 2013

GARUT, (HALUAN RAKYAT)- Akibat bencana longsor yang melanda jalan utama menuju makam keramat Godok Suci di Kp. Godog Babakan, Ds. Lebak Agung, Kec. Karangpawitan, Kab. Garut sebulan yang lalu, dikhawatirkan akan semakin meluas. Kendati demikian, pihak Dinas Binamarga belum tahu persis kapan jalan itu akan diperbaiki.

Kepala Dinas Binamarga Kab. Garut, Adeng Sujarmono,mengatakan, untuk perbaikan jalan tersebut masih menunggu dana dari Pemkab Garut yang dianggarkan melalui APBD Kab. Garut TA 2013. Dan untuk sementara ini, pihaknya akan memasang rambu-rambu sebagai peringatan agar para pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.

Menurut Adeng, salah satu penyebab terjadinya longsor dikawasan itu, selain kontur tanah yang labil, juga tidak adanya ruang pengawasan jalan, yakni, ruang terbuka yang ditumbuhi tanaman keras yang bertujuan untuk menahan kontur tanah.

"Selain kontur tanah yang labil, di kawasan itu juga tidak ada ruang pengawasan jalan yang ditumbuhi tanaman keras. Padahal, ruang pengawasan tersebut sangat membantu untuk menahan badan jalan supaya tidak erosi," ujar Adeng saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/3).

Dijelaskannya, Untuk membangun ruang pengawasan jalan, Dinas Binamarga tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus ada kerjasama dengan instansi lain seperti Dinas kehutanan dan Dinas Perkebunan, yang lebih memahami masalah pepohonan.

Sementara beberapa pihak mengkhawatirkan kondisi jalan utama menuju Pemakaman Godog Suci yang terancam longsor susulan, warga setempat malah membuka jalan baru yang menghubungkan antara Ds. Lebak Agung dan Ds. Godog sepanjang 2,5 kilometer. Jalan yang dibangun atas swadaya masyarakat itu berlokasi sekitar 10 meter dari jalan longsor.

"Pak Bupati menghendaki agar jalan tersebut pada 2013 mendatang dilakukan pengerasan. Beliau sudah mengintruksikan kepada saya untuk mengajukan anggaran melalui APBD 2013," tambah Adeng.

Tanah yang dilalui jalan tersebut merupakan hibah dari warga setempat. Kendati demikian, pihak Dinas Binamarga terlebih dahulu ingin membenahi sisi administrasi terkait pembebasan lahan. Sebab, takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kelak di kemudian hari, misalnya terjadi gugatan dari ahli waris pemberi hibah. (HR.012) 

Bagikan

Add comment


Security code
Refresh

 

Redaksi

Book Review


Kantor Redaksi:

Jalan Daeng Mohammad Ardiwinata No. 101 Kota Cimahi 40513
email: red.haluanrakyat@gmail.com, red_haluanrakyat@yahoo.com